PELAYANAN ADMINTRASI KEPENDUDUKAN YANG RESPONSIF DAN INKLUSIF PASCA BENCANA.
.jpg)
Bencana bisa datang kapan saja Bencana Alam dan Non Alam tidak hanya menimbulkan kerusakan fisik dan korban jiwa, tetapi juga menyebabkan dampak yang signifikan terhadap Administrasi Kependudukan bagi Masyarakat seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan dokumen lainnya. Pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal berupaya memberikan pelayanan administrasi kependudukan pasca bencana untuk membantu masyarakat mendapatkan kembali dokumen-dokumen penting tersebut.
Dokumen KK, KTP, Akta Lahir dan Dokumen Kependudukan lainnya dapat hilang atau rusak akibat bencana, kehilangan Dokumen ini dapat menghambat masyarakat dalam mengakses layanan public serta pemenuhan hak - hak mereka.
Rabu, 5 Februari 2024 Plt. Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Bp. NUGROHO HADIKUSUMO, SE. berkoordinasi dengan Desa/Kelurahan yang terdampak bencana. Dalam hal ini Plt. Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk menyampaikan tahapan dari kegiatan ini kepada Petugas Desa/Kelurahan agara melakukan pendataan terhadap masyarakat yang dokumen kependudukannya rusak/hilang terdampak bencana dan melaporkan ke Dukcapil yang nantinya di verifikasi dan validasi hasil pendataan ke dalam SIAK, Jika tidak ada kendala/masalah maka akan dilakukan pencetakan dokumen, Dokumen Kependudukan yang sudah jadi diserahkan kepada masyarakat bisa secara langsung atau melalui desa/kelurahan dan beliau juga berpesan dan mengedukasi kepada Masyarakat tentang pentingnya adminduk dan juga informasi tentang cara mendapatkan kembali dokumen kependudukan yang rusak/hilang
Korban bencana dapat melapor langsung ke kantor Dukcapil terdekat atau secara online, dengan cara sebagai berikut:
- Masyarakat meminta surat keterangan korban bencana dari desa/kelurahan
- Mengajukan permohonan cetak ulang Dokumen yang hilang/rusak akibat bencana
- Operator SIAK melakukan verifikasi dan validasi hasil pendataan ke dalam SIAK Jika tidak ada kendala/masalah maka akan dilakukan pencetakan dokumen
- Dokumen Kependudukan yang sudah jadi diserahkan kepada masyarakat secara langsung atau melalui email
Kegiatan ini merupakan upaya dari Dispendukcapil Kabupaten Kendal dalam melindungi hak - hak warga negara yang terdampak bencana, hadir sebagai solusi untuk memastikan Masyarakat yang terdampak bencana tetap memiliki identitas yang sah dan dapat mengakses layanan publik yang mereka butuhkan.