PENILAIAN PELAYANAN PUBLIK OLEH KEMENPAN RB.

13 October 2020 Admin

Senin, 12 Oktober 2020, Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) melakukan penilaian pelayanan publik ke Kabupaten Kendal salah satunya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Rombongan dari Kemenpan RB tiba pukul 14.30 WIB dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Dispendukcapil dan jajarannya untuk melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Evaluasi pelayanan publik ini dalam rangka memastikan unit kerja penyedia publik sudah mematuhi standar pelayanan publik yang ditetapkan oleh lembaga pelayanan publik Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Ada beberapa aspek yang akan dijadikan ukuran standar pelayanan untuk diberikan oleh sebagian dari pelayanan publik. Berdasarkan dari evaluasi tersebut kita dapat melihat dimana kekurangan dan penyedia layanan publik yang harus diperbaiki.

Aspek penilaian tersebut antara lain, Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, Kompetensi, Responsivitas, Kredibilitas/ Integritas, Kelayakan Ruang Parkir, Taman dan Penghijauan, Kelayakan Ruang Tunggu Pelayanan, Kelayakan Fasilitas Bagi Pengguna Layanan Berkebutuhan Khusus, Sarana Penunjang Lainnya, Sarana Front Office, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Media Konsultasi, Media Pengaduan, Inovasi. Beberapa aspek tersebut menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.

Adapun dari hasil penilaian tersebut, ada evaluasi yang harus diperhatikan, diantaranya membuat media pengaduan, dan dari segi sarana dan prasarana harus ditingkatkan lagi, seperti toilet, ruang laktasi, tempat parkir dan sarana lainnya. Serta lebih memperbanyak lagi media informasi non elektronik untuk publikasi kebijakan layanan.

Dengan adanya penilaian ini, diharapkan bisa memperoleh hasil yang maksimal dan semakin lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. jadi setiap tahun ada evaluasi untuk melihat atau mencari masukan apa yang perlu diperbaiki kedepannya.

Kontak Kami
  • Jl. Pramuka(Komplek Perkantoran Kendal) Jawa Tengah, Indonesia